Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Gempa Kebumen, BPBD Klaten Waspadai Merapi dan Bukit Putih Rawan Longsor

– Timlo.net
Dok.Timlo.net/ BramDok.Timlo.net/ Bram

Puncak Merapi pasca Erupsi tahun 2010. (Foto diambil tahun 2010).

Klaten — Meskipun gempa di Kebumen yang terjadi Sabtu (25/1) siang tidak berdampak langsung, tapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten mewaspadai dampak gempa di Merapi dan bukit putih yang rawan longsor.

Waspada dampak gempa bumi yang terjadi di barat daya Kebumen dengan kekuatan 6,5 SR itu karena dikhawatirkan mempengaruhi aktivitas gunung Merapi dan pergerakan tanah maupun bebatuan di bukit Burikan Cawas serta Ngandong, Gantiwarno.

Khusus untuk Merapi sudah ada penjelasan langsung dari Kepala BPPTK, Subandriyo bahwa gempa tidak berpengaruh langsung terhadap aktivitas Merapi. Namun, BPBD tetap meningkatkan kewaspadaan karena laporan dari relawan terjadi guguran. Apalagi di puncak Merapi dan sekitarnya terjadi hujan deras sehingga dikhawatirkan letusan freatik Merapi bisa terjadi setelah puncak merapi diguyur hujan dan diguncang gempa.

Kepala BPBD Klaten, Sri Winoto, mengatakan di Klaten belum ada laporan bangunan yang rusak akibat gempa. “Saat ini kami terus menjalin
komunikasi kepada semua pihak yang terkait untuk lebih waspada. Masyarakat tidak perlu panik dan mempercayai isu menyesatkan yang
penting waspada,” ujar Sri Winoto.

Sri Winoto menambahkan saat ini pihaknya terus memantau bukit putih di Cawas yang rawan longsor.
Editor : Abednego Afriadi

26 Januari 2014 - Posted by | Bencana, Burikan | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar