Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Karangasem undang empat bupati

Klaten (Espos) Desa Karangasem Kecamatan Cawas, Klaten pada tahun ini akan melaksanakan panen raya kedelai. Tercatat sekitar 90 ton kedelai berhasil dibukukan oleh desa tersebut pada tahun ini.

Sebagai ungkapan syukur, Kepala Desa (Kades) Karangasem, Sugiyanto, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Pemkab setempat, Rabu (22/7), mengungkapkan bakal menggelar acara syukuran pada Agustus mendatang. Syukuran direncanakan dilakukan dengan menghadirkan empat bupati di Soloraya, yakni Bupati Klaten Sunarna, Bupati Sragen Untung Wiyono, Bupati Karanganyar Rina Iriani serta Bupati Wonogiri Begug Purnomosidi.
Mereka diundang, karena pihaknya bakal menggelar acara kesenian yang melibatkan keahlian seni para kepala daerah tersebut. “Total lahan pertanian yang panen kedelai mencapai sekitar 75 hektare (ha). Rata-rata per ha bisa panen sampai 12 kuintal,” kata Kades.
Total luas areal pertanian di wilayahnya mencapai sekitar 150 ha. Estimasi maksimal hasil panenan kedelai mencapai kurang lebih 100 ha. “Sekitar 50 ha, tidak bisa panen, karena rusak terendam air beberapa waktu lalu,” jelas Kades.
Panen raya kali ini jelas Kades, sangat berarti bagi warga setempat. Pada tahun lalu, desa tersebut tak bisa panen kedelai, karena sebagian besar lahannya rusak karena banjir. Sementara saat ini, panenan bisa dilakukan mengingat sebagian besar lahan pertanian tidak rusak terendam air seperti tahun lalu.
Kades mengungkapkan, para petani mengolah kedelai mengingat musim kemarau telah tiba. Sejak dini, urai Sugiyanto, para petani sudah menggilir pola tanam mereka. “Kali ini musimnya palawija. Kedelai ditanam sudah sejak Mei lalu,” ujarnya menutup percakapan. – Oleh : haa

26 Juli 2009 - Posted by | Cawas, Karangasem | ,

1 Komentar »

  1. This excellent website really has all of the information I needed concerning this subject and didn’t
    know who to ask.

    Komentar oleh basketball | 5 September 2014 | Balas


Tinggalkan komentar