Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Sawah Terendam, Puluhan Petani Desa Karangasem Kebingungan

KLATEN, suaramerdeka.com – Puluhan petani di Desa Karangasem, Kecamatan Cawas kebingungan. Pasalnya, mereka tidak punya uang lagi untuk menanam padi setelah lahan terendam air bah Minggu malam. Singgih, petani Dusun Jonggo, Desa Karangasem mengatakan petani hanya bisa pasrah.” Untuk tanam ulang uangnya dari mana,” katanya, Selasa (8/4).

Menurutnya kerugian petani pada satu petak lahan yang terendam saja sekitar Rp 3 juta. Padahal ada yang punya dua atau tiga petak. Kerugian sejumlah itu dihitung dari biaya olah lahan, benih dan pupuk. Bagi petani perbatasan yang minim penghasilan uang sejumlah itu sangat sulit didapat.

Petani hanya berharap ada bantuan dari pemerintah. Tanpa bantuan petani tidak akan tanam ulang. Bantuan diharapkan langsung ke petani sebab berdasar pengalaman sebelumnya bantuan tidak merata di petani. Bahkan ada yang tidak menerima dan bantuan tidak jelas ke mana.

Toyo, petani lain mengaku pasrah dan tidak akan mampu tanam ulang sebab hanya hidup sendirian dan menggarap sawah sendiri. “Untuk makan saja susah apalagi kalau tanam lagi,” jelasnya.

Terlebih di sawahnya air bah membawa pasir dan ranting pohon. Untuk membersihkan pun dia tidak sanggup dan tanaman padinya yang umur dua pekan dipastikan mati tertimbun pasir.

Air bah itu datang Minggu malam sebab tanggul jebol 25 meter. Jebolan tanggul menyebabkan air menerjang lahan. Kabid tanaman pangan dan hortikultura Dinas Pertanian Pemkab Klaten, Ir Joko Siswanto mengatakan petani bisa mengajukan bantuan dan nantinya akan disampaikan ke pemerintah pusat.

( Achmad Hussain / CN26 / SMNetwork

10 April 2014 - Posted by | Bencana, Karangasem | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: