Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Akibat Pembangunan Pipa PDAM, Tanggul Kali Dengkeng Longsor

Rori – Timlo.net

Dok.Timlo.net/ RoriDengkeng2Dengkeng1

Dok.Timlo.net/ Rori
Gotong Royong buat talud di lokasi longsor.

Klaten — Akibat kecerobohan proyek Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Klaten yang ingin membuat jembatan pipa tanah di alur sungai Dengkeng Cawas mengakibatkan tanggul sungai longsor. Dikhawatirkan longsoran tanah terus bertambah besar dan mengancam keselamatan warga sekitar jika tidak segera diperbaiki.

Salah satu perangkat desa setempat, Suharjo mengungkapkan awalnya, tanah di alur sungai Dengkeng yang berada dekat jembatan Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas digali sedalam 6 meter, baik di sisi kanan maupun kiri sungai. Rencananya penggalian akan dijadikan pondasi untuk membuat jembatan pipa PDAM sepanjang 16 meter, bersisian dengan pipa yang sudah ada.

“Namun, saat menggali belum selesai, ada banjir sehingga menyebabkan tanah longsor sepanjang kurang lebih 10 meter dengan kedalaman sekitar 6 meter lebih. Padahal jarak dengan pemukiman warga sangat dekat yaitu sekitar 6 sampai 8 meter saja, dikhawatirkan tanah longsor makin meluas,” ungkap Suharjo kepada Timlo.net, Sabtu (21/12).

Untuk mengantisipasi longsoran yang bertambah besar, Sabtu (21/12) siang wargapun bergotong royong membuat talud dengan karung yang diisi tanah. Tanah yang longsor berada di dua desa yaitu Desa Plosowangi dan Desa Cawas, Kecamatan Cawas. Warga berharap PDAM Klaten bertanggungjawab dengan bencana tanah longsor itu.

22 Desember 2013 - Posted by | Bencana, Cawas, Plosowangi |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: