Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Patroli Perbatasan Cawas Ditingkatkan

(KRjogja.com)- Untuk antisipasi tindak kriminalitas, Polsek Cawas meningkatkan patroli di wilayah perbatasan Klaten dengan Gunungkidul maupun perbatasan dengan Sukoharjo.

Kapolsek Cawas AKP Frans Minarso mengemukakan, di wilayah hukum Polsek Cawas terdapat 20 desa. Sedangkan desa yang rawan kriminalitas antara lain Desa Posis dan Desa Bogor. Kerawanan berupa tindak pencurian di kios-kios atau pertokoan.
“Hanya pencurian kecil-kecilan di ruko, jadi masih sebatas untuk kebutuhan makan saja. Petugas kami selalu melakukan patroli untuk mengantisipasi agar tidak ada tindak kriminalitas yang menonjol,” kata AKP Frans Minarso.

Dijelaskan, beberapa desa di wilayah Cawas merupakan lahan rawan banjir. Untuk musim kemara baisanya mereka kesulitan air untuk bercocok tanam, sedangkan pada musim penghujan, sering terjadi banjir. “Jika sudah hujan beberapa jam saja, sawah ini sudah menjadi lautan, petani kadang tidak panen. Ini juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya kriminalitas, tetapi tidak ada yang menonjol,” jelas Frans Minarso pula.

Guna menjaga stabilitas kemanan di wilayah perbatasan, aparat kepolisian di perbatasan sering bertemu saat patroli terpadu untuk mengamanakan wilayah masing-masing. Polsek Cawas tidak hanya patroli terkait dengan keamanan dari segi kriminalitas saja, melainkan juga melakukan patroli sehubungan kerawanan bencana di beberapa tempat. Hal ini disebabkan selain rawan banjir, wilayah perbatasan Cawas dan Gunungkidul juga rawan bencana tanah longsor.

“Kami selalu patroli untuk cek kondisi terbaru daerah-daerah rawan. Misal kan dulu ada pintu air yang rusak, juga keretakan bukit putih kondisinya sekarang seperti apa, petugas kita patrol berkala, antisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan,” tandas Kapolsek. (Sit)

14 Desember 2013 - Posted by | Bogor, Kriminalitas |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: