Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Rusak Parah, Jembatan Antar Desa Terancam Runtuh

Solopos, KLATEN – Jembatan antar desa yang berada di perbatasan, Desa Baran dan Desa Cawas, Kecamatan Cawas terancam hanyut. Pasalnya salah satu tiang jembatan yang berada di alur Sungai Dengkeng tersebut saat ini putus.

Pantauan yang dilakukan Solopos.com, tiang jembatan bagian selatan terputus di bagian atasnya. Tidak hanya itu kondisi jembatan juga terlihat amblas beberapa sentimeter. Selain itu jembatan tersebut juga dipasangi patok bambu, agar kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

Salah seorang warga Dukuh Tegalrejo, Desa Baran, Suratmi, mengatakan putusnya tiang jembatan tersebut sudah berlangsung lama. Menurutnya jembatan tersebut putus ketika hujan deras mengguyur dearah tersebut ketika musim hujan tahun lalu. Akan tetapi sampai saat ini belum diperbaiki oleh pemeritah, padahal jembatan tersebut merupakan jembatan yang sangat vital untuk warga sekitar.

“Harusnya segera diperbaiki, kalau tidak diperbaiki, jembatan itu akan hanyut. Padahal jika jembatan itu terputus, masyarakat harus memutar lewat jembatan lain, jika akan pergi ke Cawas, ataupun ke wilayah Gantiwarno dan Gunung Kidul,” ujar Suratmi.

Warga lain Suroto, mengatakan jembatan tersebut merupakan jembatan yang menjadi andalan masyarakat dari beberapa desa, diantaranya Tirtomarto, Tlingsing dan Baran untuk menuju Cawas. Menurutnya kerugian sangat besar akan dialami oleh warga, jika jembatan itu hanyut tersapu banjir. “Kasihan anak sekolah, jika harus memutar beberapa kilometer gara-gara jembatan yang akan dilalui hanyut,” katanya.

Suroto menambahakan jembatan itu memang mendesak unuk diperbaiki, selain kondisinya sudah tidak memungkinkan, tiang jembatan tersebut terlalu banyak. Sehingga saat musim hujan, tiang-tiang tersebut justru menahan sampah-sampah yang tersapu oleh banjir. Pdahal sampah-sampah yang tertahan biasanya volumenya sangat besar, dan bisa membuat jembatan semakin rusak. “Sampah bamboo dan kayu yang tersapu banyak terhalang oleh jembatan itu,” sambung Suroto.

Sementara itu, Camat Cawas, Much Nasir, mengatakan pihak Pemerintah Kecamatan Cawas, sebenarnya sudah meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Klaten untuk perbaikan jembatan itu. Akan tetapi sampai saat ini belum ada tanggapan mengenai usulan tersebut. “Sudah kami laporkan tentang keadaan jembatan itu, tetapi kok belum ada tanggapan sampai sekarang,” kata Much Nasir.

29 November 2012 - Posted by | Baran, Cawas, Tirtomarto, Tlingsing

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: