Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

26 Ribu Jiwa Warga Cawas Siap Mengungsi

Klaten – Sebanyak 26 ribu lebih warga di bantaran Kali Dengkeng yang masuk wilayah Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten siap mengungsi jika banjir dengan volume besar kembali melanda di wilayah ini.

Hal ini sebagai langkah antisipasi penyelamatan dini menyusul terjangan banjir akibat luapan air di alur Kali Dengkeng dan sejumlah sungai lainnya pada Senin (1/1) kemarin.

Demikian diungkapkan Camat Cawas Pri Harsanto kepada wartawan Selasa (3/1). Ia mengatakan, jumlah desa di Kecamatan Cawas ada sebanyak 20 desa, dan dari jumlah itu sepuluh desa diantaranya merupakan kawasan terdampak banjir luapan Kali Dengkeng.

“Total jumlah warga di sepuluh desa itu sekitar 26.400 jiwa. Sebagian dari mereka menempati rumah di sekitar bantaran Kali Dengkeng dan beberapa sungai lainnya. Mereka siap diungsikan jika sewaktu-waktu banjir datang dengan volume lebih besar,” ujarnya.

Pihaknya sendiri sudah mempersiapkan enam titik lokasi yang rencananya sebagai tempat pengungsian warga. Enam desa tersebut diantaranya, Desa Bawak, Tirtomarto, Kedungampel, Cawas, Barepan dan Burikan.

“Untuk persiapan pengungsian akan memanfaatkan balaidesa dan sejumlah lapangan yang ada. Kami sudah berkoordinasi dengan enam desa tersebut,” kata Pri.

Pri menjelaskan, antisipasi pengungsian perlu dipersiapkan mengingat kondisi beberapa tanggul sungai di Kecamatan Cawas sudah jebol akibat terjangan banjir pada Senin (1/1) kemarin.

Beberapa tanggul jebol itu diantaranya, tanggul sungai di Desa Balak yang merupakan alur Kali Dengkeng, tanggul sungai di Desa Nanggulan yang merupakan alur Kali Jaran dan tanggul sungai di Desa Karangasem yang merupakan alur Kali Gamping.

“Kami berharap ada perhatian dari dinas terkait untuk segera membenahi tanggul-tanggul yang jebol, mengingat Cawas menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba,” imbuh Pri.

Dari : http://sosial.timlo.net/baca/17265/26-ribu-jiwa-warga-cawas-siap-mengungsi

4 Januari 2012 - Posted by | Balak, Barepan, Bawak, Bencana, Burikan, Cawas, Kedungampel, Tirtomarto | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: