Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Bantuan air bersih terlambat, kekeringan ancam Brungkah

Klaten (Solopoa.com)–Pemerintah Desa Pakisan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten menyesalkan sikap Pemerintah Kabupaten Klaten yang lamban terhadap penanganan air bersih di Dukuh Brungkah. Bahkan dalam dua pekan terakhir, kekeringan mulai melanda di daerah itu.

“Saya tidak tahu kenapa janji Pemkab Klaten untuk memberikan bantuan air bersih di Dukuh Brungkah tak kunjung datang,” ujar Kepala Dusun (Kadus) III, Desa Pakisan, Suryono, kepada Espos, Kamis (4/8/2011).

Menurut Suryono, dengan keterlambatan itu, sebagian besar warga yang kurang mampu secara ekonomi terpaksa ngangsu sejuah 500 meter ke warga sekitar yang air sumurnya tidak tercemar bakteri Eschericia Coli (E.Coli). Kebutuhan air bersih, papar Suryono, sangat dibutuhkan warga Brungkah.

“Bagi warga mampu, membeli air isi ulang dalam galon dengan harga berkisar Rp 3.500/ galon. Dalam empat galon air isi ulang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan selama empat sampai lima hari,” paparnya.

Sementara Kepala Desa Pakisan, Pritama, menyatakan sudah melayangkan surat secara resmi kepada Bupati Klaten, Sunarna. Dalam surat itu, papar Pritama, warga Brungkah menghendaki supaya  droping air bersih tidak dihentikan.

“Kami selama ini menunggu kepastian pembangunan saluran air bersih dari PDAM Klaten. Karena hal itu menjadi jalan keluar jangka panjang yang dinanti oleh warga Brungkah,” terang Pritama.

Dihubungi terpisah, Kepala PDAM Klaten, Ambar Muryati, menyatakan permasalahan keterlambatan jaringan pipa ke lokasi Brungkah karena lokasi terlalu jauh. “Kami akan mengajukan anggaran dana bantuan ke Pemerintah Pusat untuk membantu dalam penanganan ini. Karena instalasi pipa PDAM yang terlalu jauh akan memakan biaya yang cukup besar,” paparnya, Kamis.

(m98)

5 Agustus 2011 - Posted by | Pakisan | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: