Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Kemarau, lahan pertanian 8 kecamatan di Klaten alami kekeringan

Klaten (Solopos.com)–Memasuki musim kemarau, lahan pertanian pada delapan kecamatan di Klaten mengalami kekeringan.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Klaten, Wahyu Prasetyo menyatakan petani yang berada di delapan kecamatan itu diminta melakukan antisipasi dini mencegah ancaman kekeringan tersebut.  Delapan kecamatan terdapat di Kecamatan Manisrenggo, Prambanan, Gantiwarno, Wedi, Bayat, Karangdowo, Cawas, dan Pedan.

Wahyu menganjurkan kepada petani untuk mengalihkan dari pola tanam padi ke jenis tanaman palawija. Hal itu, menurutnya, juga sebagai langkah untuk mendukung Surat Edaran (SE) Bupati Klaten Sunarna tentang larangan tanam padi pada bulan Agustus-September. “Justru dengan musim kemarau ini, petani bisa memanfaatkan lahan pertanian untuk menamam palawija yang tidak membutuhkan banyak air,” terangnya saat dihubungi Espos, Minggu (10/7/2011).

Wahyu mengakui saat musim kemarau tiba, delapan kecamatan tersebut menjadi langganan kekeringan pada lahan pertanian. Oleh sebab itu, kata Wahyu, berbagai langkah preventif harus dilakukan oleh petani. “Saya mengimbau pada kelompok tani di delapan kecamatan itu memperbaiki saluran irigasi, terutama bagi yang sudah rusak dan tak berfungsi maksimal, agar pengairan lahan pertanian di wilayah setempat bisa merata,” paparnya.

Sumur pompa yang sudah diberikan pada kelompok tani, harap Wahyu, bisa difungsikan kembali untuk digunakan pada saat masa krisis air seperti musim kemarau ini.

(m98)

11 Juli 2011 - Posted by | Pertanian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: