Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Puskesmas Cawas rawat 4 pasien kusta

Cawas (Espos) Puskesmas 1 Cawas, Klaten, sejak beberapa bulan terakhir merawat empat orang pasien kusta. Pengobatan penyakit yang pada waktu lalu sangat ditakuti masyarakat itu dilakukan dengan pendekatan multi drug therapy yang direncanakan berlangsung selama 12 bulan sejak dimulainya pengobatan.

Paramedis Puskesmas 1 Cawas, Endang DR saat ditemui wartawan di kantornya, akhir pekan lalu, merasa yakin, keempat penderita kusta tersebut bakal sembuh. ”Sebelumnya sudah ada empat penderita kusta yang menjalani terapi di Puskesmas kami dan saat ini sudah sembuh. Selanjutnya empat penderita kusta yang saat ini masih menjalani pengobatan kami perkirakan juga bakal sembuh,” ujarnya.
Endang menolak membeberkan identitas para pasiennya dengan pertimbangan menjaga psikis mereka. Diingatkannya, saat ini, sebagian masyarakat masih menganggap kusta sebagai penyakit kutukan yang tak tersembuhkan.
Kenyataan itu diakuinya sebagai kendala penanganan kusta di wilayah kerjanya. Masyarakat kerap kali memilih tak memeriksakan atau berobat ke Puskesmas atau rumah sakit apabila menderita gejala kusta. “Pandangan salah itu menjadi kendala bagi kami,” ujarnya.
Endang dalam penyuluhan penyakit kusta di aula Kantor Pemerintah Kecamatan Pedan, belum lama ini. menjelaskan, penyakit kusta dapat dipicu oleh budaya hidup tak sehat seperti tinggal di lingkungan yang kotor. Untuk itu dia mengajak seluruh masyarakat menerapkan pola hidup bersih seperti mengonsumsi air yang sehat, mandi teratur, serta makan makanan sehat.
Seperti diberitakan SOLOPOS (2/6), sembilan warga Kecamatan Pedan sebelumnya sempat dikabarkan terjangkit penyakit penyakit kusta sepanjang tahun 2009 ini. “Apabila tidak diobati, penyakit ini bisa menyebabkan bagian tubuh yang terjangkiti penyakit putus setelah sebelumnya mengalami mati rasa,” kata dokter Puskesmas Pedan, Teguh. – Oleh : kur

10 Agustus 2009 - Posted by | Cawas, Kesehatan | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: