Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

"Mari kita jalin rasa kekeluargaan diantara kita"

Sosialisasi tertib berlalu lintas di SDN 1 Cawas ”Jalan raya berbahaya, maka berhati-hatilah!”

Dengan sedikit canggung, Anggara Danutirta, 12, siswa kelas VI SDN 1 Cawas, Klaten, naik simulator sepeda motor, Kamis (6/8) siang di salah satu ruang sekolah setempat. Puluhan temannya mengerubungi di sisi kanan-kiri, juga bagian belakang dengan ekspresi penasaran.

Sesekali sorakan dukungan dan cemooh polos meluncur dari mulut-mulut mungil itu. Apalagi saat sepeda motor yang seolah sedang dikendarai Anggara menabrak mobil yang sedang melintas dalam dunia maya tersebut. ”Sebenarnya gampang sih, walau memang saya menabrak mobil,” ujar Anggara saat ditemui Espos seusai dinyatakan gagal mengendarai sepeda motor dengan aman.
Anggara bukan satu-satunya siswa SDN 1 Cawas yang dinyatakan gagal dalam uji megendarai kendaraan bermotor menggunakan simulator canggih tersebut. Kendati sebelumnya para siswa telah dibekali teknik berkendara yang baik dan aman oleh Tim Safety Reading Astra Motor Semarang yang digandeng Astra Motor Klaten dalam kegiatan tersebut.
Salah seorang anggota tim, Oke, mengingatkan, berada di jalan raya merupakan momentum berbahaya yang dapat mengancam keselamatan diri. Tidak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi lantaran kelalaian pengguna jalan, baik yang sedang mengendarai kendaraan bermotor maupun yang berjalan kaki.
Untuk itu pembekalan tentang safety reading perlu ditekankan sejak dini kepada anak-anak. Sehingga, lanjutnya, kegiatan tersebut diharapkan dapat meminimalisasi risiko terjadinya kecelakaan lalu-lintas. ”Poin utama kegiatan ini adalah sosialisasi kepada anak tentang betapa bahayanya saat berada di jalan. Sehingga pengguna jalan, termasuk anak-anak yang melintas atau menyeberang bisa berlaku hati-hati,” timpal Heribertus Setyo Nugroho, perwakilan Astra Motor Klaten dalam kegiatan rutin tahunan itu.
Senada, Kepala SDN 1 Cawas, YB Purwanto mengaku senang dengan kegiatan bersama Astra Motor yang menurutnya sangat berguna bagi siswa agar mereka berlaku hati-hati dan waspada saat berada di jalan. – Oleh : Kurniawan

8 Agustus 2009 - Posted by | Cawas

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: